Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarahdi SMA Negeri 1 Padang

  • Vici Triadmanora Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Wahidul Basri Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Keywords: Pemahaman, Mata Pelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan yang menunjukkan bahwa kesiapan siswa yang kurang dalam menghadapi pembelajaran sejarah, sehingga ada terdapat beberapa peserta didik yang tidak memahami tujuan mempelajari mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa paham peserta didik terhadap pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dikembangkan oleh peneliti dengan indikator yaitu menjelaskan, menguraikan, merumuskan, merangkum, memberikan contoh, menyimpulkan, memperkirakan, menerangkan, menarik kesimpulan, meringkas, membuktikan, dan mengembangkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Padang berdasarkan indikator menjelaskan adalah 75%; berdasarkan indikator menguraikan adalah 75,5%; berdasarkan indikator merumuskan adalah 76,5%; berdasarkan indikator merangkum adalah 83%; berdasarkan indikator memberikan contoh adalah 74%; berdasarkan indikator menyimpulkan adalah79%; berdasarkan indikator memperkirakan adalah 69,5%; berdasarkan indikator menerangkan adalah 73,5%; berdasarkan indikator menarik kesimpulan adalah 77%; berdasarkan indikator meringkas adalah 80%; berdasarkan indikator membuktikan adalah 76,5%; dan berdasarkan indikator mengembangkan adalah 76,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Padang tergolong baik.

Published
2020-10-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.