The Pengembangan Media Timeline Berbasis Venngage untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa

Pengembangan Media Timeline Berbasis Venngage untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa

  • Habib Al Hisyam Departemen Sejarah
  • Ofianto Ofianto
Keywords: berpikir kronologis, media timeline, pembelajaran sejarah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik yang kemampuan berpikir kronologisnya masih rendah dalam pembelajaran sejarah. Seringkali peserta didik terjebak dalam permasalahan waktu (tanggal,tahun) atau mengurutkan waktu terjadinya peristiwa sejarah. Permasalahan itu diketahui dari hasil wawancara terhadap guru dan obseravasi lapangan dan dibuktikan saat dilakukan test siswa menjawab beberapa soal yang berhubungan dengan berpikir kronologis dan jawabannya banyak yang kurang tepat. Dalam hal ini dapat disimpulkan artian siswa sering meremehkan dan menganggap berpikir urut atau kronologis itu tidak terlalu penting. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media timeline berbasis venngage untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis yang layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan prosedur model ADDIE.

Published
2022-10-26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.