Perkembangan Industri Rumah Tangga Kopi Bubuk Di Nagari Koto Tuo, Kecamtan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat Tahun 1998-2020

  • Yuria Wulandari Pendidikan Sejarah
  • Etmi Hardi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang Perkembangan Industri Rumah Tangga Kopi Bubuk Di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat 1998-2020. Penelitian bertujuan menemukan perkembangan industri rumah tangga kopi bubuk di Nagari Koto Tuo dan dampaknya terhadap perekonomian masyarakat setempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan empat tahap metode penelitian yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Industri rumah tangga kopi bubuk di Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab  ini sudah ada sejak tahun 1979. Perekembangan industri rumah tangga kopi bubuk ini dapat diketahui dengan masih bertahan sampai sekarang, proses pengolahan kopi dari tradisional sampai menggunakan mesin dan meningkatnya jumlah produksi, tenaga kerja dan permintaan luar daerah, menginovasi kemasan kopi yang menarik serta  mengurus surat izin usaha. Perkembangan industri kopi bubuk memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat Nagari Koto Tuo terkhususnya bagi pelaku usaha dan tenaga kerja yang mendapatkan tambahan pemasukan biaya hidup sehari-hari dari produksi kopi bubuk tersebut.

Kata kunci: Industri Rumah Tangga Kopi Bubuk, Perkembangan

Published
2022-10-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.