Implementasi Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Gerakan Literasi sekolah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pembelajaran sejarah dengan menggunakan kegiatan literasi akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide-ide menarik yang dimilikinya. Melalui kegiatan literasi yaitu membaca dan menulis, melalui kegiatan tersebut siswa akan memiliki banyak pengetahuan baru kemudian akan banyak ide-ide yang dimunculkan dan untuk mendukung program Gerakan Literasi ini sekolah menyediakan wadah untuk menampung ide-ide dari siswa. penggunaan literasi dalam pembelajaran sejarah hal ini membantu siswa dapat dilihat dari materi-materi yang disampaikan oleh guru sejarah salah satunya keteladan dari tokoh-tokoh perjuangan dan masih banyak lagi materi sejarah yang didalamnya terkandung nilai karakter.
Kata kunci: Gerakan Literasi Sejarah, Literasi Sejarah, Pembelajaran Sejarah.