INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERUPA POSTER DENGAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

  • Husnul Fikri Universitas Negeri Padang, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Sejarah
  • Hera Hastuti
Keywords: poster, augmented reality, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya inovasi pada media yang digunakan oleh guru sebagai sarana melatih daya fikir kronologis siswa pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini: 1) menganalisis proses pembuatan media Poster Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Augmented Reality, 2) menganalisis kelayakan media, 3) menganalisis kepraktisan media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara dan angket. Pada uji kelayakan produk melibatkan ahli materi dan ahli media. Uji praktikalitas melibatkan guru mata pelajaran dan 33 orang siswa SMAN 10 Padang kelas XI IPS 3. Pada penelitian ini teknik analisis yang digunakan yaitu kualitatif-kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil saran dan komentar validator serta wawancara yang dilakukan kepada guru sejarah. Sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui instrumen kelayakan media dan materi. Hasil uji kelayakan menggunakan skala linkert pada ahli materi diperoleh skala 3,62 (sangat layak) dan ahli media diperoleh skala 3,14 (layak). Hasil uji praktikalitas pada guru mata pelajaran diperoleh skala 3,71 (Sangat Praktis) dan pada peserta didik diperoleh skala 3,60 (sangat praktis). Dapat disimpulkan, media Poster Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Augmented Reality layak dan praktis digunakan untuk guru maupun peserta didik SMA.

Published
2022-10-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.