Penanaman Nilai-Nilai Patriotisme Pada Pembelajaran Sejarah Di MAN 1 Kerinci
Abstract
Penelitian ini berangkat dari adanya permasalahan arus globalisasi yang membawa dampak negatif yang ditimbulkan yang mengakibatkan menurunnya sikap patriot yang dimiliki oleh peserta didik di MAN 1 Kerinci. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai patriotisme pada pembelajaran sejarah di MAN 1 Kerinci. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan penanaman nilai-nilai patriotisme pada pembelajaran sejarah telah di integrasikan kedalam materi pelajaran dan seluruh kegiatan pembelajaran yang meliputi tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang dikombinasikan dengan menggunakan berbagai model, metode dan media yang beragam yang secara tidak langsung mengembangkan perilaku peserta didik yang mencerminkan nilai-nilai patriotisme. Penanaman nilai-nilai patriotisme menggunakan pendekatan pembiasaan, emosional, fungsional dan keteladanan. Nilai-nilai patriotisme yang ditanamkan guru pada saat pembelajaran sejarah meliputi keberanian, rela berkorban, disiplin, kerja keras, kerja sama dan pantang menyerah. Faktor pendukung dalam penanaman ialah penggunaan model, motode dan media pembelajaran yang bervariasi serta dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler dan faktor penghambat penanaman nilai ialah pemahaman, motivasi, minat, kondisi, dan sikap yang dimiliki oleh setiap peserta didik berbeda-beda.