Kendala-Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom di SMA Negeri 3 Tebo
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dirasakan guru dan peserta didik saat melaksanakan pembelajaran menggunakan Google Classroom di SMAN 3 Tebo. Tujuan penelitian ini adalah menganalsis kendala-kendala pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan Google Classroom di SMAN 3 Tebo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara dengan guru sejarah dan peserta didik. Informan penelitian ini adalah satu orang guru sejarah dan empat orang peserta didik SMAN 3 Tebo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala-kendala pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan Google Classroom di SMA Negeri 3 Tebo meliputi; (a) pembelajaran Google Classroom secara daring tidak terlaksana dengan baik, (b) pembelajaran Google Classroom yang dilaksanakan guru sejarah minim interaksi, dan (c) masih banyaknya siswa yang tidak mengikuti pembelajaran Google Classroom yang dilakukan oleh guru sejarah.