Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPS Berbasis Projek (Project Based Learning) di Kalangan Guru IPS SMP Negeri di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

  • Erianjoni Erianjoni Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
  • Etmi Hardi Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran IPS, Project Based Learning

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 dinyatakan adanya tiga model dalam Pembelajaran IPS Terpadu yang wajib dipedomani guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Ketiga model itu ialah Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), dan Pembelajaran Inguiry/Disvovery. Hasil pengamatan awal yang dilakukan di berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kabupaten Pasaman menunjukan bahwa model pembelajaran IPS yang digunakan para guru sangat beragam. Akan tetapi hanya sebagian kecil dari mereka yang telah menggunakan ketiga model tersebut dalam proses pembelajaran. Sebagian besar mereka cenderung masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berada di luar ketiga model yang diamanatkan Kurikulum 2013. Fenemona ini tentunya menarik untuk ditelusuri lebih lanjut. Berdasarkan permasalahan di atas tim peneliti mencoba untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru sejarah di Kabupaten Pasaman terhadap salah satu model pembelajaran IPS, yaitu Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) dalam bentuk pengabdian masyarakat. Bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah berupa penyuluhan dan pelatihan. Dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, maka metode yang digunakan adalah metode partisipatoris yang menekankan kepada peran serta seluruh perserta pelatihan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Tahap pelatihan ini dimulai dengan penetapan tujuan pelatihan, kemudian diikuti dengan materi pelatihan. Setelah itu diikuti dengan kegiatan workshop yang melibatkan instruktur dan para peserta. Hasil kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan kemampuan dan pemahaman para guru IPS tingkat SMP di Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman terhadap materi IPS dengan menggunakan model pembelajaran projek. Model pembelajaran ini telah mampu dipahami dan diaplikasikan guru secara baik. Para guru IPS telah mampu menerapkan model ini secara maksimal dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran IPS lebih kreatif dan dinamis, tidak lagi bersifat pasif dan membosankan.

Published
2020-06-14

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.