PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERUPA ANDROID BOOK UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERAN PAHLAWAN NASIONAL DARI SUMATERA BARAT

  • Nanda Setiawan FIS
  • Hera Hastuti
Keywords: Sumber Belajar Berupa Android Book, Peranan Pahlawan Nasional dari Sumatera Barat, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan sumber belajar berupa android book pada materi peranan pahlawan nasional dari Sumatera Barat pada mata pelajaran sejarah. (2) mengetahui tingkat kelayakan android book yang dikembangkan sebagai sumber belajar. (3) Melihat pengaruh penggunaan android book sebagai sumber belajar dalam memperluas wawasan siswa terhadap peranan pahlawan nasional dari Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan peneliti. Prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari lima tahapan (a) analysis, (b) design, (c) development, (i) implementation dan (e) evaluation. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap implementation saja. Penelitian ini menghasilkan : (1) sumber belajar berupa android book dengan materi peranan pahlawan nasional dari Sumatera Barat, dan (2) telah memiliki kualitas berdasarkan uji kelayakan materi oleh ahli materi, sumber belajar oleh ahli sumber belajar dan penggunaanya oleh guru bidang studi serta peserta didik. Uji kelayakan materi mendapatkan jumlah skor 3,2 dengan kategori layak dan uji sumber belajar dengan jumlah 3,5 dengan kategori sangat layak. Untuk uji penggunaan oleh guru mendapatkan jumlah skor 3,4 dengan kategori sangat layak serta uji kelayakan oleh siswa, sebanyak 37 siswa menyatakan valid. Berdasarkan uji kelayakan maka android book dimungkinkan untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah.

Published
2022-08-22

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.