Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Video Vlog Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa KI 4 pada KD 4.7 Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA N 3 Payakumbuh
Abstract
Berdasarkan temuan dilapangan, penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa pada mata pelajaran sejarah, yang mana keterampilan dalam pembelajaran sejarah masih belum dilakukan oleh guru mata pelajaran sejarah optimal. Guru mata pelajaran sejarah tidak melakukan penilaian dengan semestinya untuk mengukur sejauh mana keterampilan siswa dalam belajar sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran Project Based Learning berbasis video vlog dalam meningkatkan keterampilan siswa KI4 pada KD 4.7 dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMA N 3 Payakumbuh dan mengidentifikasikan kendala-kendala yang dihadapi selama menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis video vlog. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Hasil penelitian ini pada siklus 1 keterampilan siswa dalam menalarkan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia memperoleh skor 40,77%. Keterampilan siswa memaknai peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia 53,5%. Siklus 2 keterampilan siswa menalarkan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia memperoleh 66,79%. Keterampilan siswa dalam memaknai peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia memperoleh skor 56,14%. Dapat disimpulkan pembelajaran project based learning berbasis video vlog berhasil meningkatkan keterampilan siswa KI 4 pada KD 3.7 dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 5
Kata Kunci: Project based learning, video vlog, model pembelajaran, keterampilan siswa.