Rendang Telur: Kuliner Khas Masyarakat Payakumbuh Sebagai Identitas Budaya Lokal Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (1998-2018)

  • Helfira Zahara anggota
  • Siti Fatimah

Abstract

Artikel ini merupakan kajian sejarah yang membahas tentang rendang telur sebagai kuliner khas masyarakat Payakumbuh yang menjadi identitas budaya lokal. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan kuliner khas masyarakat Payakumbuh yaitu rendang telur sebagai identitas budaya lokal dan memiliki kemajuan usaha sebagai perbaikan ekonomi masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan lebih khusus metode sejarah yang memiliki empat langkah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rendang memiliki berbagai varian, salah satunya adalah rendang telur yang merupakan kuliner khas masyarakat Payakumbuh, dengan inovasi berdasarkan potensi lokal dan mampu memanfaatkan adanya sentra penjualan telur di Payakumbuh. Rendang telur ini menjadi identitas budaya lokal yang biasanya dihidangkan pada saat upacara adat dan hari besar lainnya serta kuliner yang menjadi ciri khas dari daerah Payakumbuh. Adanya kemajuan kuliner rendang di Payakumbuh menjadikan rendang telur sebagai peluang usaha bagi masyarakat dan berpengaruh pada perbaikan ekonomi masyarakat tersebut.

Kata Kunci: Rendang Telur, Kuliner, Identitas Budaya, Payakumbuh

Published
2022-08-13

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.