Literasi Digital Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah UNP Angkatan 2021 Ditinjau dari Enam Komponen Literasi Digital
Literasi Digital Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah UNP Angkatan 2021 Ditinjau dari Enam Komponen Literasi Digital
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan dunia teknologi dan informasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi digital mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah angkatan 2021 yang ditinjau dari enam komponen literasi digital: literasi teknologi, literasi informasi, literasi komputer, literasi media, literasi visual dan literasi komunikasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed method (metode kombinasi). Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan sejarah angkatan 2021 sebanyak 133 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan rerata sedangkan data kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan literasi digital mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah angkatan 2021 yang ditinjau dari enam komponen literasi digital berada pada kategori baik. Tiga komponen literasi digital mahasiswa tergolong baik yaitu: literasi teknologi (2,8), literasi komputer (2,6), dan literasi komunikasi (2,7). Sedangkan tiga komponen literasi digital lainnya tergolong cukup baik antara lain: literasi informasi (2,2), literasi media (2,5) dan literadi visual (2,3).Keterampilanliterasiteknologi,literasikomputerdanliterasikomunikasisudahbaikberdasarkanhasilwawancara.
Kata Kunci: Literasi Digital, Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Komponen Literasi Digital