Pengembangan Modul Digital Interaktif Sejarah PDRI Sebagai Penguatan Semangat Bela Negara Siswa SMAN 3 Bukittinggi
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakstabilan materi pelajaran Sejarah PDRI pada buku teks Sejarah Indonesia padahal materi pelajaran Sejarah PDRI memiliki peranan penting dalam membentuk dan memperkuat semangat bela negara para peserta didik. Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan modul digital interaktif sejarah PDRI, 2) menguji kelayakan produk, 3) menguji kepraktisan produk, 4) menilai pengetahuan peserta didik terkait materi sejarah PDRI sebagai penguatan bela negara, 5) menilai sifat bela Negara peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan produk. Subjek uji kelayakan produk melibatkan sejarawan, pakar bahan ajar dan guru mata pelajaran sejarah. Uji praktikalitas melibatkan guru mata pelajaran sejarah dan 23 orang peserta didik SMAN 3 Bukittinggi kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Teknik analisis data menggunakan pendekataan kuantitatif. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi/isi diperoleh CVI (content validity index) 0,90 (layak) dan dari pakar bahan ajar adalah 0,86 (layak). Hasil Uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran sejarah diperoleh rerata 3,06 (praktis) dan dari peserta didik 3,56 (sangat praktis). Dengan demikian, modul digital interaktif sejarah PDRI sebagai penguatan semangat bela negara layak dan praktis digunakan untuk peserta didik SMA. Hasil capaian belajar peserta didik memperoleh rerata 85, 21 (tinggi) dan hasil penilaian sifat bela negara peserta didik sebesar 3, 2 (sangat tinggi).
Kata Kunci: modul digital interaktif, sejarah PDRI, bela negara