Pengembangan E-Book Berbasis Infografis sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sungai Penuh
Abstract
Pemilihan bahan ajar yang tepat dapat menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya penggunaan bahan ajar berbasis digital pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan bahan ajar e-book berbasis infografis pada pembelajaran sejarah; 2) menguji kelayakan bahan ajar; 3) menguji kepraktisan bahan ajar. Metode yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan memakai model ADDIE. Uji praktikalitas bahan ajar melibatkan dua orang guru sejarah dan 32 siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Hasil kelayakan bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata 3,82 dengan persentase 94% dan kategori sangat layak, sedangkan hasil uji kelayakan materi mendapatkan rata-rata 3,46 dengan persentase 88% dan kategori sangat layak. Hasil praktikalitas terhadap guru sejarah memperoleh nilai rata-rata 3,70 dan persentase 92,1% yang artinya sangat praktis, serta praktikalitas terhadap 32 orang peserta mendapatkan nilai rata-rata 3,51 dan persentase 87,9% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulannya, bahan ajar e-book berbasis infografis sangat layak dan sangat praktis digunakan.