Pengembangan E-Book Berbasis Infografis sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sungai Penuh

  • Rangga Febrian Ilham Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti Universitas Negeri Padang
Keywords: Infografis, e-book, bahan ajar, pembelajaran sejarah

Abstract

Pemilihan bahan ajar yang tepat dapat menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya penggunaan bahan ajar berbasis digital pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan bahan ajar e-book berbasis infografis pada pembelajaran sejarah; 2) menguji kelayakan bahan ajar; 3) menguji kepraktisan bahan ajar. Metode yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan memakai model ADDIE. Uji praktikalitas bahan ajar melibatkan dua orang guru sejarah dan 32 siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Hasil kelayakan bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata 3,82 dengan persentase 94% dan kategori sangat layak, sedangkan hasil uji kelayakan materi mendapatkan rata-rata 3,46 dengan persentase 88% dan kategori sangat layak. Hasil praktikalitas terhadap guru sejarah memperoleh nilai rata-rata 3,70 dan persentase 92,1% yang artinya sangat praktis, serta praktikalitas terhadap 32 orang peserta mendapatkan nilai rata-rata 3,51 dan persentase 87,9% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulannya, bahan ajar e-book berbasis infografis sangat layak dan sangat praktis digunakan.

Published
2022-07-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.