Kesulitan Belajar Sejarah Pada Sistem Shift di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

  • Defitri ana Universitas Negeri Padang
  • Zafri Zafri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang mengalami kesulitan belajar sejarah pada sistem shift. Solusinya adalah siswa harus memiliki kesadaran yang cukup besar untuk dapat meningkatkan perhatian, intelegensi, minat serta motivasi belajar. Sehubungan dengan itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar sejarah yang dialami siswa selama sistem shift ini diterapkan di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan fakta yang ada dilapangan mengenai kesulitan belajar sejarah yang dialami siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kusioner. Berdasarkan hasil penelitian ternyata sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar sejarah pada sistem shift  yaitu pada kesulitan berkosentrasi dan lupa dalam belajar. secara keseluruhan tingkat capaian dengan presentase 65% berada pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran shift adalah kesulitan berkosentrasi dan lupa dalam belajar.

 

Kata kunci: kesulitan belajar, sejarah, sistem shift

Published
2022-03-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.