Kesulitan Kesulitan siswa pada pelaksanaan pembelajaraan sejarah pada masa covid-19 di SMAN 14 Padang

Sejarah, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Kesulitan Belajar

  • Vindya Nadhita universitas negeri padang
  • Ridho Bayu Yefterson
Keywords: Sejarah, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Kesulitan Belajar

Abstract

Abstrak

Pembelajaran sejawah idealnya dapat mendorong proses transfer nilai dan pengetahuan mengalami problematika dalm pembelajaran masa covid-19. Pada masa covid-19, banyak siswa merasa kesulitan dalam pembeljaran daring. Penelitian ini berusaha menganalisa kesulitan yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa covid-19. Metode peneltian yang diunakan studi kualitatif dengan desain deskripti. Sumber data penelitian berasal dari  siswa, guru sejarah, wakil kurikulum dan wakil kesiswaan di SMAN 14 Padang. Teknik pengumpulan data mengggunakan observasi dan wawancara. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil peneltiian menunjukkan kesulitan yang dialami siswa dalam penerimaan pembelajaran sejarah pada masa covid 19 ini dari factor internal yaitu (1) factor kognitif, siswa kesulitan berkonsentrasi, memahami materi dan nilai ulangan rendah; (2) factor afektif, sikap belajar yang tidak tepat waktu terutama pada kelas pagi; (3) factor prikomotor, mata menjadi perih, dan mengalami pusing; (4) factor lingkungan keluarga yaitu kurang mendapatkan pendampingan kedua orang tua dan saudara, ekonomi keluarga terutama fasilitas belajar  berupa hp dan leptop, keterbatasan kuota internet; (5) factor lingkungan masyarakat yaitu sinyal yang kurang bagus, kebisingan dan keramaian; (6) factor sekolah yaitu metode dan media pembelajaran yang kurang menarik.

Kata kunci: Sejarah, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Kesulitan Belajar

Author Biography

Ridho Bayu Yefterson

Abstrak

Pembelajaran sejawah idealnya dapat mendorong proses transfer nilai dan pengetahuan mengalami problematika dalm pembelajaran masa covid-19. Pada masa covid-19, banyak siswa merasa kesulitan dalam pembeljaran daring. Penelitian ini berusaha menganalisa kesulitan yang dihadapi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa covid-19. Metode peneltian yang diunakan studi kualitatif dengan desain deskripti. Sumber data penelitian berasal dari  siswa, guru sejarah, wakil kurikulum dan wakil kesiswaan di SMAN 14 Padang. Teknik pengumpulan data mengggunakan observasi dan wawancara. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil peneltiian menunjukkan kesulitan yang dialami siswa dalam penerimaan pembelajaran sejarah pada masa covid 19 ini dari factor internal yaitu (1) factor kognitif, siswa kesulitan berkonsentrasi, memahami materi dan nilai ulangan rendah; (2) factor afektif, sikap belajar yang tidak tepat waktu terutama pada kelas pagi; (3) factor prikomotor, mata menjadi perih, dan mengalami pusing; (4) factor lingkungan keluarga yaitu kurang mendapatkan pendampingan kedua orang tua dan saudara, ekonomi keluarga terutama fasilitas belajar  berupa hp dan leptop, keterbatasan kuota internet; (5) factor lingkungan masyarakat yaitu sinyal yang kurang bagus, kebisingan dan keramaian; (6) factor sekolah yaitu metode dan media pembelajaran yang kurang menarik.

Kata kunci: Sejarah, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Kesulitan Belajar

Published
2021-12-10

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.