Gambaran Disiplin Belajar Mahasiswa Sejarah Dalam Perkuliahan Daring Melalui E-Learning Di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
Title
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mahasiswa sejarah yang tidak mengumpulkan tugas dan terlambat dalam mengumpulan tugas yang diberikan dosen sejarah melalui e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan belajar mahasiswa sejarah dalam perkuliahan daring melalui e-learning di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan memakai studi dokumen. Objek penelitian ini adalah mahasiswa sejarah yang mengambil mata kuliah bidang studi sejarah pada semester Juli-Desember 2021 yang terdiri dari 67 sesi mata kuliah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian ternyata sebagian besar mahasiswa sejarah sudah disiplin, namun demikian masih ada mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas sebanyak 13,51% melalui e-learning, terlambat sebanyak 5,56% dan mahasiswa yang tepat waktu sebanyak 80,81% dalam pengumpulan tugas yang diberikan dosen sejarah melalui e-learning.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Mahasiswa Sejarah, E-Learning