Gambaran Disiplin Belajar Mahasiswa Sejarah Dalam Perkuliahan Daring Melalui E-Learning Di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Title

  • Gusri Fauzia Universitas Negeri Padang
  • Zafri Zafri
Keywords: Disiplin Belajar, Mahasiswa Sejarah, E-Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mahasiswa sejarah yang tidak mengumpulkan tugas dan terlambat dalam mengumpulan tugas yang diberikan dosen sejarah melalui e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan belajar mahasiswa sejarah dalam perkuliahan daring melalui e-learning di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan memakai studi dokumen. Objek penelitian ini adalah mahasiswa sejarah yang mengambil mata kuliah bidang studi sejarah pada semester Juli-Desember 2021 yang terdiri dari 67 sesi mata kuliah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian ternyata sebagian besar mahasiswa sejarah sudah disiplin, namun demikian masih ada mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas sebanyak 13,51% melalui e-learning, terlambat sebanyak 5,56% dan mahasiswa yang tepat waktu sebanyak 80,81% dalam pengumpulan tugas yang diberikan dosen sejarah melalui e-learning.

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Mahasiswa Sejarah, E-Learning

Author Biography

Zafri Zafri

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mahasiswa sejarah yang tidak mengumpulkan tugas dan terlambat dalam mengumpulan tugas yang diberikan dosen sejarah melalui e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan belajar mahasiswa sejarah dalam perkuliahan daring melalui e-learning di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan memakai studi dokumen. Objek penelitian ini adalah mahasiswa sejarah yang mengambil mata kuliah bidang studi sejarah pada semester Juli-Desember 2021 yang terdiri dari 67 sesi mata kuliah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian ternyata sebagian besar mahasiswa sejarah sudah disiplin, namun demikian masih ada mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas sebanyak 13,51% melalui e-learning, terlambat sebanyak 5,56% dan mahasiswa yang tepat waktu sebanyak 80,81% dalam pengumpulan tugas yang diberikan dosen sejarah melalui e-learning.

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Mahasiswa Sejarah, E-Learning

Published
2021-12-07

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.