Tenun H. Ridwan BY di Jorong Koto Baru Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Title

  • Yulia Asmi Universitas Negri Padang
  • Etmi Hardi
Keywords: Industri, Tenun, H. Ridwan

Abstract

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan Industri tenun H.Ridwan BY dari tahun 1961-2019 serta endeskripsikan strategi bertahan Industri tenun H.Ridwan BY hingga berkembang pesat hingga saat ini. Penelitian ini mengggunakan metode penelitan sejarah, dimana peneliti berusaha untuk merekontruksi peristiwa sejarah berdasarkan fakta fakta yang ada sehingga ke akuratan dan ketepatan dalam penulisan dapat tercapai. Hasil penelitiannya, yaitu : Usaha kerajinan tenun Kubang H.Ridwan BY terdiri dari pemasok bahan baku, produsen (Tenun Kubang H.Ridwan BY), Reseller, dan konsumen. Nilai tambah yang diperoleh dari produsen (Tenun Kubang H.Ridwan BY) terhadap produk baju laki-laki sebesar Rp 1.959.002 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 73% dan untuk produk baju perempuan nilai tambah sebesar Rp 2.220.768 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 70%. Sedangkan, nilai tambah yang diperoleh dari reseller terhadap produk baju laki-laki sebesar Rp 144.428 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 32% dan untuk produk baju perempuan nilai tambah sebesar Rp 285.163 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 62%. Untuk pengembangan usaha, strategi yang menjadi prioritas utama berdasarkan nilai total daya tarik terbesar yang dapat dilakukan oleh usaha kerajinan tenun Kubang H.Ridwan BY adalah strategi diversifikasi. Alternatif strategi pada strategi diversifikasi yaitu berupa pemberian jasa seperti Jasa Custom Design Motif Tenun untuk pembuatan motif secara custom maupun motif yang sudah ada pada kain tenun dengan bantuan pengrajin atau pemilik Tenun Kubang H.Ridwan BY itu sendiri dalam menciptakan arus pendapatan baru dan melakukan kerja sama dengan pelaku usaha yang tidak sejenis seperti kerja sama dengan pelaku usaha batik, anyaman, maupun kerajinan lain. Sementara itu, untuk strategi yang menjadi prioritas kedua yaitu strategi intensif.

 

Kata Kunci : Industri, Tenun, H. Ridwan


 

Author Biography

Etmi Hardi

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan Industri tenun H.Ridwan BY dari tahun 1961-2019 serta endeskripsikan strategi bertahan Industri tenun H.Ridwan BY hingga berkembang pesat hingga saat ini. Penelitian ini mengggunakan metode penelitan sejarah, dimana peneliti berusaha untuk merekontruksi peristiwa sejarah berdasarkan fakta fakta yang ada sehingga ke akuratan dan ketepatan dalam penulisan dapat tercapai. Hasil penelitiannya, yaitu : Usaha kerajinan tenun Kubang H.Ridwan BY terdiri dari pemasok bahan baku, produsen (Tenun Kubang H.Ridwan BY), Reseller, dan konsumen. Nilai tambah yang diperoleh dari produsen (Tenun Kubang H.Ridwan BY) terhadap produk baju laki-laki sebesar Rp 1.959.002 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 73% dan untuk produk baju perempuan nilai tambah sebesar Rp 2.220.768 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 70%. Sedangkan, nilai tambah yang diperoleh dari reseller terhadap produk baju laki-laki sebesar Rp 144.428 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 32% dan untuk produk baju perempuan nilai tambah sebesar Rp 285.163 setiap bulan dengan tingkat keuntungan sebesar 62%. Untuk pengembangan usaha, strategi yang menjadi prioritas utama berdasarkan nilai total daya tarik terbesar yang dapat dilakukan oleh usaha kerajinan tenun Kubang H.Ridwan BY adalah strategi diversifikasi. Alternatif strategi pada strategi diversifikasi yaitu berupa pemberian jasa seperti Jasa Custom Design Motif Tenun untuk pembuatan motif secara custom maupun motif yang sudah ada pada kain tenun dengan bantuan pengrajin atau pemilik Tenun Kubang H.Ridwan BY itu sendiri dalam menciptakan arus pendapatan baru dan melakukan kerja sama dengan pelaku usaha yang tidak sejenis seperti kerja sama dengan pelaku usaha batik, anyaman, maupun kerajinan lain. Sementara itu, untuk strategi yang menjadi prioritas kedua yaitu strategi intensif.

 

Kata Kunci : Industri, Tenun, H. Ridwan

Published
2021-12-31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.