Pengelolaan Pembelajaran Daring oleh Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Jurusan Sejarah UNP

  • Melina Dewi fitri Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran daring, pengelolaan pembelajaran, praktek lapangan kependidikan, mahasiswa sejarah

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara pengelolaan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Pengelolaan pembelajaran daring adalah hal yang baru dalam kegiatan praktek lapangan kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran daring oleh mahasiswa PLK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sejarah UNP angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 28 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa Sejarah UNP dalam kegiatan PLK terdiri tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada tahap persiapan mahasiswa menyusun semua perangkat  (RPP, silabus, bahan ajar, media) serta menentukan aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan membuka pembelajaran, kemudian membagikan bahan ajar di aplikasi pembelajaran dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab.Penilaian pembelajaran dilakukan melalui kuis dan penilaian tugas siswa.

Published
2021-12-10

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.