Pengelolaan Pembelajaran Daring oleh Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Jurusan Sejarah UNP
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara pengelolaan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Pengelolaan pembelajaran daring adalah hal yang baru dalam kegiatan praktek lapangan kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran daring oleh mahasiswa PLK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sejarah UNP angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 28 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa Sejarah UNP dalam kegiatan PLK terdiri tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada tahap persiapan mahasiswa menyusun semua perangkat (RPP, silabus, bahan ajar, media) serta menentukan aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan membuka pembelajaran, kemudian membagikan bahan ajar di aplikasi pembelajaran dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab.Penilaian pembelajaran dilakukan melalui kuis dan penilaian tugas siswa.