Inovasi Multimedia Interaktif Untuk Melatih Kemampuan Historical Thinking Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA

Title

  • Salman AlFarizi Universitas Negeri Padang
  • Hera Hastuti
Keywords: Multimedia Interaktif, Berfikir Kronologis dan Kausalitas, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini meerupakan kesimpulan dari skripsi penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk melatih kemampuan historical Thinking dalam pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Enam Lingkung. Manfaat dari penelitian ini sebagai sumbangan ilmu memperkaya pengetahuan dan kemudahan guru dalam menyampaikan materi sejarah. Metode yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), evaluasi (evaluation). Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (Development) karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dalam bentu skala likert. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa multimedia interaktif dari ahli materi masuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan dari ahli media masuk dalam kategori layak. Oleh karena itu inovasi multimedia interaktif dalam melatih kemampuan historical thinking ini dapat digunakan berulang ulang dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sejarah baik secara offline maupun online.

 

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Berfikir Kronologis dan Kausalitas, Pembelajaran Sejarah

Author Biography

Hera Hastuti

Penelitian ini meerupakan kesimpulan dari skripsi penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif untuk melatih kemampuan historical Thinking dalam pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Enam Lingkung. Manfaat dari penelitian ini sebagai sumbangan ilmu memperkaya pengetahuan dan kemudahan guru dalam menyampaikan materi sejarah. Metode yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), evaluasi (evaluation). Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (Development) karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dalam bentu skala likert. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa multimedia interaktif dari ahli materi masuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan dari ahli media masuk dalam kategori layak. Oleh karena itu inovasi multimedia interaktif dalam melatih kemampuan historical thinking ini dapat digunakan berulang ulang dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sejarah baik secara offline maupun online.

 

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Berfikir Kronologis dan Kausalitas, Pembelajaran Sejarah

Published
2021-12-10

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.