Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Sejarah Lokal Sumatera Barat Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Tentang Perubahan

Pengembangan Video, Pembelajaran Sejarah, Berfikir Perubahan

  • Tari Triana Fitri Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yefterson
Keywords: Pengembangan Video, Pembelajaran Sejarah, Berfikir Perubahan

Abstract

 Abstrak

Sejarah selalu berbicara tentang perubahan. Perubahan selalu berlangsung dalam waktu. Waktu adalah variabel yang esensial dalam sejarah. Oleh karena itu, sejarah sering disebut dengan “Ilmu tentang perubahan”. Kemampuan mengenal perubahan merupakan kualitas kebangsaan yang berkualitas untuk memberikan jaminan akan keberlangsungan jati diri bangsa. Pendidikan sejarah memiliki posisi utama karena kajian terhadap perubahan yang terjadi di masa lampau dan masa kini, membangun wawasan yang kokoh dalam melanjutkan jati diri bangsa dan memperkaya jati diri bangsa dengan perkembangan kekinian serta menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas dan berkepribadian Indonesia. Pada pembelajaran sejarah, guru dituntut untuk lebih kreatif dan bervariasi dalam membuat media pembelajaran agar pembelajaran sejarah tidak membosankan dan monoton. Peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan serta menguji kelayakan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan. Metode penelitian ini yaitu menggunakan penelitan R&D. Peneliti mengembangkan video pembelajaran sejarah menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pembuatan produk diawali dengan analisis kebutuhan dari sisi guru, kurikulum dan siswa. (2) Perancangan script dan pengumpulan bahan. Pembuatan script video sebagai stimulus atau rangsangan untuk materi yang berkaitan dengan dampak penjajahan bangsa Eropa terhadap bangsa Indonesia. Setelah itu dilakukan pengumpulan berbagai sumber bacaan dan literasi yang relevan dengan materi yang berkaitan. (3) Produk video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan mendapat penilaian dari ahli materi dan ahli media video dengan tingkat kelayakan yang sangat layak. (4) Produk video pembelajaran sejarah memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru dan bagi siswa sebagai sumber belajar dalam rangka melatih kemampuan siswa berfikir perubahan

Kata Kunci : Pengembangan Video, Pembelajaran Sejarah, Berfikir Perubahan

Author Biography

Ridho Bayu Yefterson

 Abstrak

Sejarah selalu berbicara tentang perubahan. Perubahan selalu berlangsung dalam waktu. Waktu adalah variabel yang esensial dalam sejarah. Oleh karena itu, sejarah sering disebut dengan “Ilmu tentang perubahan”. Kemampuan mengenal perubahan merupakan kualitas kebangsaan yang berkualitas untuk memberikan jaminan akan keberlangsungan jati diri bangsa. Pendidikan sejarah memiliki posisi utama karena kajian terhadap perubahan yang terjadi di masa lampau dan masa kini, membangun wawasan yang kokoh dalam melanjutkan jati diri bangsa dan memperkaya jati diri bangsa dengan perkembangan kekinian serta menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas dan berkepribadian Indonesia. Pada pembelajaran sejarah, guru dituntut untuk lebih kreatif dan bervariasi dalam membuat media pembelajaran agar pembelajaran sejarah tidak membosankan dan monoton. Peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan serta menguji kelayakan video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan. Metode penelitian ini yaitu menggunakan penelitan R&D. Peneliti mengembangkan video pembelajaran sejarah menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pembuatan produk diawali dengan analisis kebutuhan dari sisi guru, kurikulum dan siswa. (2) Perancangan script dan pengumpulan bahan. Pembuatan script video sebagai stimulus atau rangsangan untuk materi yang berkaitan dengan dampak penjajahan bangsa Eropa terhadap bangsa Indonesia. Setelah itu dilakukan pengumpulan berbagai sumber bacaan dan literasi yang relevan dengan materi yang berkaitan. (3) Produk video pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan siswa berfikir perubahan mendapat penilaian dari ahli materi dan ahli media video dengan tingkat kelayakan yang sangat layak. (4) Produk video pembelajaran sejarah memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru dan bagi siswa sebagai sumber belajar dalam rangka melatih kemampuan siswa berfikir perubahan

Kata Kunci : Pengembangan Video, Pembelajaran Sejarah, Berfikir Perubahan

Published
2021-12-31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.