Persepsi Mahasiswa Sejarah Terhadap Pembelajaran Online di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial

Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran Online

  • Rahma Danitos Universitas Negeri Padang
  • Zafri Zafri
Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran Online

Abstract

Abstrak

 

              Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online. Pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui angket yang terdiri dari 25 item pertanyaan mengenai persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 478 mahasisiwa. Dengan teknik penarikan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 71 mahasiswa tahun masuk 2018, 2019, 2020. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis statistik deksriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh, ditemukan persepsi mahasiswa sejarah secara keseluruhan pembelajaran online berada pada persentase 68% dan negatif 32%, dapat dikatakan mahasiswa jurusan sejarah sudah baik dengan persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Namun berdasarkan perindikator pada item-item masih ada mahasiswa yang menyatakan negatif. Maka perlu adanya peningkatan lebih lanjut beberapa mahasiswa yang menyatakan persepsi mahasiswa sejarah perindikator yang kurang baik.

 

     Kata kunci: Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran Online

Published
2021-12-15

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.