Persepsi Mahasiswa Sejarah Terhadap Pembelajaran Online di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial
Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran Online
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online. Pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui angket yang terdiri dari 25 item pertanyaan mengenai persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 478 mahasisiwa. Dengan teknik penarikan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 71 mahasiswa tahun masuk 2018, 2019, 2020. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis statistik deksriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh, ditemukan persepsi mahasiswa sejarah secara keseluruhan pembelajaran online berada pada persentase 68% dan negatif 32%, dapat dikatakan mahasiswa jurusan sejarah sudah baik dengan persepsi mahasiswa sejarah terhadap pembelajaran online di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Namun berdasarkan perindikator pada item-item masih ada mahasiswa yang menyatakan negatif. Maka perlu adanya peningkatan lebih lanjut beberapa mahasiswa yang menyatakan persepsi mahasiswa sejarah perindikator yang kurang baik.
Kata kunci: Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran Online