Gerakan Mahasisa Pariaman (GEMPA) Dalam Peranan Gerakan Pendidikan Di Pariaman 2011-2020

  • Fitri Febrianti Universitas Negeri Padang
  • Hendra Naldi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang Gerakan Mahasiswa Pariaman (GEMPA) tahun 2011-2020 sebagai gerakan yang bergerak dalam bidang pendidikan di Pariaman. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana peranan yang dilakukan GEMPA sebagai gerakan pendidikan di Pariaman atas permasalahan pendidikan tingkat perguruan tinggi. penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu: pertama, heuristik adalah pengumpulan data yang berhubungan langsung dengan objek yang diteliti. Kedua, kritik sumber sejarah ialah upaya untuk mendapatkan otentitas dan kredibilitas sumber. Ketiga, interpretasi ialah penulis melakukan tafsiran terhadap data atau arsip yang ditemukan di lapangan. Keempat, Historiografi ialah penulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gerakan Mahasiswa Pariaman atau GEMPA sebagai gerakan pendidikan pertama yang didirikan oleh mahasiswa yang berasal dari Pariaman. Gerakan yang baru ada sekitar 8 tahun ikut serta berperan dalam pendidikan tingkat perguruan tinggi di Pariaman. Dalam pergerakannya Gerakan Mahasiswa Pariaman memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh masyarakat Pariaman dalam pendidikan tingkat perguruan tinggi seperti melakukan seminar tentang dunia perkuliahan, beasiswa dan pemahaman tentang pendidikan. Gerakan Mahasiswa Pariaman juga memberikan bimbingan belajar untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. serta Gerakan Mahasiswa Pariaman memberikan bantuan dana kepada pelajar yang kurang mampu.

Kata Kunci: Gerakan Sosial, Peranan, Pendidikan dan Pariaman

 

ABSTRAK

This study examines movement Pariaman study (GEMPA) in 2011-2020 as a movement that is engaged in education in Pariaman. This study also to see how th role played by GEMPA as an education movement in Pariaman on the problems of gigher education.This study uses the historical research method which consists of four states: first, heuristics is the collection of data that is directly relates to the object under study. Second, historical source critis is an attempt to have authenticity and credibility of cources. Third, interpretation is that the writer interprets the file found in the field. Fourth, historiography is the author. The result showed that the movement Pariaman study or GEMPA was first educational movement founded by students from Pariaman. The Movement, which has only existed for about 8 year has taken part in higher education in pariaman. in movement Pariaman study provides solusions to problems experienced by the Pariaman community in higher education such as conducting seminar on the world of lectures, scholarships and understading of education. Movement Pariaman Study aldo provides study guidance to take university entrance exams and movement Pariaman study to provide financial tp assistance to underprivi;eged students.

 

Keywords: Social Movement, Role, Education and Pariaman

Published
2021-08-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.