Media Presentasi Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kronologi Siswa
Abstract
Abstrak
Sejarah merupakan merekontruksi masa lampau, dibalik dalam merekontruksi masa lampau pembelajaran sejarah mengajak peserta didik dalam berpikir secara kritis dan juga peserta didik mengenal dalam sejarah cara berpikir secara kronologis. Suatu upaya yang bisa membuat pembelajaran sejarah lebih efektif dan efisien dan mudah dipahami peserta didik, sehingga dalam memahami materi sejarah secara berpikir kronologis dengan upaya dalam kegiatan menggunakan media presentasi dalam pembelajaran sejarah, salah satunya dengan menggunakan media presentasi dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan (1) melakukan analisis kebutuhan terhadap media presentasi yang dapat melatih kemampuan berpikir kronologis siswa (2) melakukan analisis langkah pembuatan media untuk melatih kemampuan berpikir kromologis siswa. Metode dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau R&D. Peneliti menggunakan model ADDIE dalam mengembangkan media presentasi pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 12 Padang tetapi model pengembangan sampai tahap ADD sehingga tahap penelitian sampai dengan pengembangan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Peristiwa Proklamasi sangat validasi dimanfaatkan untuk melatih kemampuan cara berpikir kronologis maupun sebagai media dalam pembelajaran sejarah.
Kata Kunci : Media Presentasi, Sejarah, Berpikir kronologi, Pembelajaran Sejarah