IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PADA MASA COVID 19 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA

  • Jaka Imam Zuhri Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yefterson

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kebijakan Pendidikan Masa Covid 19 Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia dengan melihat kasus di SMAN 14 Padang terkait dengan kebijakan Permendikbud Sekjen No 15 Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil implementasi kebijakan Permedikbud termasuk kendala yang yang terdapat implementasinya pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan ketujuh aturan dalam Sekjen No 15 tahun 2020, pendidik mampu menerapkan 6 dari 7 poin itu dengan baik, hal tersebut dilihat dari cara guru dalam membuat grup whatsapp khusus untuk berkomunikasi dengan orang tua dan siswa, penyusun RPP sesuai kondisi siswa, menerapkan pembelajaran, penugasan hingga tidak mempersulit siswa dalam pengumpulan tugas, cara ini didukung dengan memanfaatkan Whatsapp, Youtube dan Google Classroom. Namun pada poin ke 7 berupa pendidikan kecakapan hidup (life skill) tidak diterapkan sepenuhnya oleh pendidik karna waktu pembelajaran yang singkat. Adapun perihal kendala banyak yang bermasalah dalam hal ekonominya.  

 

         Kata kunci: Implementasi pendidik, Kebijakan, Sekjen no 15 tahun 2020, Tujuh Aturannya.

Published
2021-08-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.