Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Multimedia Autoplay
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya inovasi guru dalam menggunaan media pembelajaran pada pembelajaran sejarah. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran multimedia autoplay dengan tujuan agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis dengan materi “Perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda” dalam hal ini “ Peristiwa Bandung lautan api”. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan multimedia autoplay, yaitu model ADDIE, Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation, namun penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap implementasi. Dalam pengembangan multimedia autoplay dilakukan uji validasi dan uji praktikalitas media. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi “ Perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda” dalam hal ini” peristiwa Bandung lautan api” sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis peserta didik yaitu dengan hasil penilaian uji validasi materi 3,61 dan hasil uji validasi media 3,71. Sementara itu Hasil penilaian uji praktikalitas guru dan peserta didik menunjukan bahwa multimedia autoplay dalam pembelajaran sejarah Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis dengan nilai rata-rata penilaian guru 3,68 dan hasil penilaian 24 orang siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan 3,75.