Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

  • Rahmai Yeni Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Wahidul Basri
Keywords: mahasiswa, bidikmisi, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tahun masuk 2011, 2012 dan 2013 persentase jumlah mahasiswa yang memperoleh IPK rendah meningkat setiap tahunnya. Sedangkan, mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tahun masuk 2017, 2018 dan 2019 persentase jumlah mahasiswa yang memperoleh IPK tinggi meningkat setiap tahunnya. Hal ini cukup menarik untuk diteliti karena faktor umum yang mempengaruhi hasil belajar terdiri dari faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi pendidikan sejarah FIS UNP. Jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara keseluruhan tingkat capaian yang dilihat dari faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi pendidikan sejarah FIS UNP yaitu 73,53% atau berada pada kriteria berpengaruh.

Published
2021-08-26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.