Pengembangan Instrumen Penilaian Empati Sejarah Peserta Didik SMA Berdasarkan Video Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum mengembangkan instrumen penilaian empati sejarah peserta didik. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) merumuskan langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian empati sejarah peserta didik SMA berdasarkan video pembelajaran, 2) menguji kelayakan produk, 3) menguji kepraktisan produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan rerata. Uji kelayakan produk melibatkan ahli materi sejarah Indonesia dan ahli evaluasi. Uji praktikalitas produk melibatkan satu orang guru sejarah dan 66 orang peserta didik SMAN 3 Payakumbuh kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi sejarah Indonesia adalah 3.64 dengan kategori sangat layak dan oleh ahli evaluasi adalah sebesar 3.66 dengan kategori sangat layak. Uji praktikalitas produk oleh guru adalah sebesar 3.8 dengan kategori sangat praktis dan oleh peserta didik SMA adalah sebesar 3.47 dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, instrumen penilaian empati sejarah ini layak dan praktis digunakan untuk peserta didik SMA.