Pengembangan Instrumen Penilaian Empati Sejarah Peserta Didik SMA Berdasarkan Video Pembelajaran

  • Suci Ramadani Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah
Keywords: empati sejarah, instrumen penilaian, video pembelajaran, pembelajaran sejarah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum mengembangkan instrumen penilaian empati sejarah peserta didik. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) merumuskan langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian empati sejarah peserta didik SMA berdasarkan video pembelajaran, 2) menguji kelayakan produk, 3) menguji kepraktisan produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan rerata. Uji kelayakan produk melibatkan ahli materi sejarah Indonesia dan ahli evaluasi. Uji praktikalitas produk melibatkan satu orang guru sejarah dan 66 orang peserta didik SMAN 3 Payakumbuh kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4. Hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi sejarah Indonesia adalah 3.64 dengan kategori sangat layak dan oleh ahli evaluasi adalah sebesar 3.66 dengan kategori sangat layak. Uji praktikalitas produk oleh guru adalah sebesar 3.8 dengan kategori sangat praktis dan oleh peserta didik SMA adalah sebesar 3.47 dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, instrumen penilaian empati sejarah ini layak dan praktis digunakan untuk peserta didik SMA.

Published
2021-08-26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.