Pengorganisasian Materi Kuliah Dalam Sistem Daring Melalui E-Learning (Studi Kasus Jurusan Sejarah FIS UNP)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pengorganisasian materi kuliah oleh dosen di jurusan sejarah FIS UNP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan yang menunjukkan adanya masalah yang terjadi proses perkuliahan daring, di temukan beberapa mahasiswa yang belum paham dengan penyusunan materi kuliah yang diberikan dosen di E-Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket serta analisis statistik deskriptif dengan hitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap sub varibel hakikat, pertimbangan, sistematika, pemilihan, penerapan dalam pengorganisasian materi kuliah dikategorikan positif dengan jumlah persentase positif 1968,4% dan belum positif 1177,6%, dapat dikatakan mahasiswa jurusan sejarah sudah merasa puas dengan pengorganisasian materi kuliah di jurusan sejarah FIS UNP. Dari konsistensi setiap mahasiswa menjawab pertanyaan, masih ada mahasiswa menyatakan belum positif dengan persentase 36,36%. Dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian materi kuliah di jurusan sejarah sudah baik, tetapi perlu adanya peningkatan oleh dosen dalam melakukan penyusunan materi kuliah di E-Learning.
Kata Kunci: Penyusunan, Materi, Perkuliahan