Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Madrasah Aliyah

  • Rana Yolanda Universitas Negeri Padang
  • Wahidul Basri
Keywords: Modul elektronik berbasis flip PDF pro, pembelajaran sejarah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum terdapatnya bahan ajar digital yang memadai untuk membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Selain itu, kurangnya penggunaan media mengakibatkan proses pembelajaran berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan modul elektronik berbasis flip pdf pro dengan tujuan membantu  guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah. Dalam pengembangan modul elektronik ini dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas terbagi dua yaitu uji validitas materi dan bahan ajar. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru sejarah dan 20 orang peserta didik kelas X IPA 2. Hasil dari uji validitas materi dan bahan ajar  oleh validator materi sejarah Indonesia dan validator bahan ajar  didapatkan hasil sebesar 3,6 dan 3,52 dengan kategori sangat layak oleh ahli materi dan bahan ajar. Sedangkan uji praktikalitas oleh guru sejarah dan siswa X IPA 2 di dapatkan hasil 3.88  dan 3,55 dengan kategori sangat praktis digunakan  oleh guru dan siswa.

Published
2021-07-17

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.