Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Pelayangan Setelah Dibangunnya Infrastruktur Jembatan Gentala Arasy Tahun 2015-2021

  • Friska dewi ayuning Putri Fakultas Ilmu Sosial
  • Azmi Fitrisia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kecamatan Pelayangan Jambi Seberang serta dampak pembangunan infrastruktur Jembatan Gentala Arasy terhadap kehidupan masyrakat Kecamatan Pelayangan. Fokus kajian pada pembangunan infrastruktur Jembatan Gentala Arasy dari tahun 2015 sampai tahun 2021. Penelitian ini penting karena dengan dibangunnya Jembatan Gentala Arasy apakah perekonomian masyarakat Kecamatan Pelayangan semakin meningkat atau semakin menurun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tahun 2015 sampai tahun 2021, terjadi dinamika kehidupan sosial ekonomi terhadap masyarakat Kecamatan Pelayangan. Manusia sebagai makhluk sosial yang terus berkembang berupaya untuk beradaptasi dengan lingkungan serta perubahan yang terjadi. Hal ini mendasari terjadinya dinamika dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kecamatan Pelayangan. Pembangunan infrastruktur jembatan secara langsung maupun tidak langsung telah mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kota Jambi Seberang khususnya masyarakat Kecamatan Pelayangan. Perubahan sosial ekonomi yang terjadi ada yang bernilai positif dan ada juga yang bernilai negatif. Terlepas dari dakpak-dampak yang dirasakan masyarakat sebagai akibat dari pembangunan Jembatan Gentala Arasy. Pembangunan infrastruktur jembatan ini sangat dibutuhkan dalam rangka pembangunan suatu daerah.

Kata Kunci: Infrastruktur, Jembatan, Sosial Ekonomi

Published
2021-06-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.