Validasi Pengembangan Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara Sebagai Sumber Belajar Sejarah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya sumber belajar sejarah yang tersedia, kurang bervariasinya sumber belajar, dan kurangnya kemampuan peserta didik berpikir kronologis. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara sebagai sumber belajar agar menambah wawasan peserta didik dan variasi sumber belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (Development). Instrumen pengumpulan data berupa angket uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli sumber belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasrkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji kelayakan materi dengan rerata 3,92 (sangat layak), sedangkan hasil uji kelayakan dari ahli sumber belajar diperoleh rerata 3,5 (sangat layak), dapat disimpulkan Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara sebagai sumber belajar layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.