Pengembangan E-LKPD Untuk Melatih Historical Empathy Peserta Didik SMA
Abstract
Dalam pembelajaran sejarah, penting peserta didik untuk memahami mengapa dan bagaimana orang di masa lalu membuat keputusan beberapa keadaan dengan cara mereka lakukan. Guru sejarah perlu melatih historical empathy peserta didik. Salah satu cara denganĀ menggunakan media dalam bentuk LKPD berbentuk elektronik agar kegiatan pembelajaran lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan E-LKPD untuk melatih historical empathy peserta didik; (2) untuk menguji kelayakan dan kepraktisan E-LKPD untuk historical empathy peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Uji kelayakan produk melibatkan ahli materi sejarah Indonesia dan ahli LKPD. Uji praktikalitas produk melibatkan dua orang guru dan 34 orang peserta didik kelas. Hasil uji kelayakan dari ahli materi sejarah Indonesia adalah 3.8 dengan kategori sangat layak dan dari ahli LKPD adalah 3.7 kategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas E-LKPD oleh guru adalah 3.6 kategori sangat praktis dan peserta didik 3.5 kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD untuk melatih historical empathy peserta didik layak dan praktis digunakan.