Dinamika Pertambangan Emas di Kenagarian Muaro Bodi Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung Tahun 2000-2017

  • Yodi Prasantia Universitas Negeri Padang
  • Azmi Fitrisia
Keywords: Tambang, Emas, Sejarah Ekonomi, Muaro Bodi

Abstract

Muaro Bodi memiliki logam mulia berupa emas yang dimanfaatkan oleh masyarakatnya sebagai sumber penghasilan. Kemunculan pertambangan ini berdampak kepada perubahan beberapa aspek dalam kehidupan masyarakat di Muaro Bodi, terutama dalam aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemunculan tambang emas di wilayah Sijunjung terutama di Muaro Bodi hingga dinamika yang berlangsung sepanjang pertambangan emas itu ada, yaitu pada periode tahun 2000 hingga 2017. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalam metode sejarah yang mencakup pengumpulan sumber (heuristik), kritik sumber (internal dan eksternal), interpretasi (penafsiran yang diusahakan seobjektif mungkin) dan historiografi (penulisan). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian yang ditemukan bisa dilihat bahwa masyarakat di Muaro Bodi mulai melakukan penambangan emas setelah salah seorang masyaratnya pulang dari perantauan dan mencoba membuat tambang emas secara sederhana. Setelah beberapa waktu, tambang tersebut berhasil dan memunculkan lubang-lubang tambang baru dari masyarakat sekitar, hingga keluar Muaro Bodi. Penambangan pada akhirnya menjadi pekerjaan utama bagi masyarakat hingga melakukan perjalanan berhari-hari untuk mencari sumber emas di dalam hutan hingga keluar Provinsi

Sumatera Barat. Kesimpulannya, penambangan emas menimbulkan dilema. Satu sisi hal itu menguntungkan bagi masyarakat, di sisi lain aktivitas tersebut merusak lingkungan. Dinamika ini berkepanjangan sehingga masyarakat penambang di Muaro Bodi selalu melakukan inovasi pertambangan emas.

Published
2022-03-26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.