Pengembangan E-LKPD Berlandaskan Nasionalisme pada Pembelajaran Sejarah (Materi: Pergerakan Nasional sampai Sumpah Pemuda)

  • Oki Wardoyo Putra Jurusan Sejarah FIS UNP
  • Aisiah Aisiah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai nasionalisme peserta didik dan kurangnya penggunaan bahan ajar LKPD berbentuk elektronik dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian adalah menguji kelayakan dan kepraktisan e-LKPD Berlandaskan Nasionalisme. Jenis penelitian yakni R&D. Model pengembangan menggunakan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Uji kelayakan melibatkan pakar Sejarah Indonesia, Nasionalisme, Bahan Ajar dan pakar Teknologi Pendidikan. Uji praktikalitas produk e-LKPD melibatkan guru (1 orang) dan peserta didik berjumlah 47 orang (30 perempuan, 17 laki-laki). Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa skala Likert. Data dianalisis menggunakan rerata. Tahap Desain e-LKPD Berlandaskan Nasionalisme pada Pembelajaran Sejarah dilakukan melalui tapahan berikut: (a) pengumpulan sumber bacaan (b) pengumpulan gambar dan video pendukung, (c) pembuatan draft. Tahap pengembangan dan implementasi dilakukan melalui tahap uji kelayakan dan praktikalitas. Hasil uji kelayakan dari ahli materi Sejarah Indonesia adalah 3.4 dengan kategori (sangat layak), pakar Nasionalisme adalah 3.8 (sangat layak), dan pakar Bahan Ajar dan Teknologi Pendidikan adalah 3.8 (sangat layak). Hasil uji praktikalitas e-LKPD Berlandaskan Nasionalisme oleh guru adalah 3.82 (sangat praktis) danpeserta didik 3.2 (praktis). E-LKPD dapat digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai Nasionalisme pada peserta didik dalam pembelajaran sejarah.

Published
2021-05-19

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.