Identifikasi Level Historical Empathy Mahasiswa Jurusan Sejarah Ditinjau dari Aspek Konteks Sejarah
Abstract
Pengukuran level historical empathy mahasiswa sangat penting dilakukan sebagai salah satu elemen kunci untuk memantau pencapaian tujuan pembelajaran sejarah pada aspek historical empathy. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi level historical empathy mahasiswa khususnya terkait pemahaman konteks sejarah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNP angkatan 2016 dan angkatan 2017. Subjek penelitian berjumlah 31 mahasiswa yang terdiri atas 17 mahasiswa angkatan 2016 dan 14 mahasiswa angkatan 2017. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda asosiatif (25 soal). Validitas isi instrumen tes historical empathy dianalisis menggunakan formula Gregory, hasilnya tergolong baik (indeks validitas isi 0,9). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata level historical empathy mahasiswa berada pada level sangat rendah (rerata 48%). Ini menunjukkan bahwa empati sejarah mahasiswa dilihat pada aspek pemahaman konteks sejarah sangat jelek, mahasiswa belum mampu menganalisis peristiwa sesuai dengan konteks sejarah.