Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bukittinggi

  • Muhammad Agung Wirza Jurusan Sejarah FIS UNP
  • Ofianto Ofianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dirasakan guru dan siswa dalam pembelajaran daring dan penggunaan media pembelajaran daring yaitu Microsoft Teams dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk lihat bagaimana bentuk pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Bukittinggi menggunakan Microsoft Teams dan untuk mengetahui kendala yang dirasakan guru dan siswa selama melaksankan pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Evaluatif dengan menggunakan metode Mix Methods. Penelitian menggunakan metode kuantitatif terlebih dahulu dengan memberikan angket kepada guru dan siswa, setelah mengolah hasil angket guru dan siswa diadakan wawancara sebagai instrumen penelitian kualitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan siswa sekolah yang homogen. Kelas yang diambil menjadi sampel adalah 3 kelas XII IPA yang belajar sejarah dan untuk guru dipilih 3 orang sebagai responden dalam pengisisan angket. Setelah melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif didapatkan hasil bahwa bentuk pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan Microsoft Teams di SMA Negeri 1 Bukittinggi oleh ketiga guru adalah pada tahap pertama yaitu persiapan pembelajaran, guru mempersiapkan bahan ajar, metode dan model pembelajaran. Pada tahap persiapan ini ketiga guru memperoleh persentase sebesar 72% termasuk kategori Baik,  Pada tahap pelaksanaan, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan Microsoft Teams, guru memanfaatkan fitur video conference yang ada dalam Microsoft Teams. Pelaksanaan pembelajaran dengan Microsoft Teams sudah dilaksanakan dengan baik oleh ketiga guru dengan memperoleh persentase sebesar 87% termasuk dalam kategori Sangat Baik. Pada tahap terakhir yaitu evaluasi pembelajaran, guru memberikan kesimpulan dan tugas kepada siswa melalui fitur assigment yang ada dalam Microsoft Teams. Rata-rata yang diperoleh pada tahap evaluasi adalah sebesar 79% termasuk kedalam kategori Baik. Lalu ditemukan kendala yang dirasakan oleh guru dan siswa yaitu terkendala karena Jaringan yang tidak stabil dan kendala kuota internet yang boros.

Published
2021-05-18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.