Belanja Online: Studi Online Shopping Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) Tahun 2014-2019
Abstract
Penelitian ini membahasa tentang Belanja Online: Studi Online Shopping Mahasiwa UNP Tahun 2014-2019. Permasalahan yang peneliti angkat yaitu bagaimana latar belakang munculnya aplikasi belanja online yang membuat mahasiwa Universitas Negeri Padang lebih mengikuti perkembangan zaman dan teknologi dalam segi berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar balakang munculnya aplikasi berbasis belanja online dan mengetahui perkembangan online shopping di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, diantaranya Heuristik, Kritik Sumber, Analisis, Sintesis dan Inerpretasi serta Historiografi atau penulisan sejarah. Pertama, penulis mendapatkan data dari objek penelitian, yang terbagi dua yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan narasumber dan pihak terkait lainnya, data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Kedua, dilakukan kritik sumber terhadap data yang telah diperoleh. Ketiga, menganalisis, sintesis dan interpretasi data. Keempat, penulis menjelaskan hasil dari penelitian dalam sebuah karya ilmiah berupa skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar Mahasiswa Universitas Negeri Padang berbelanja secara online dan ada beberapa yang tidak berbelanja secara online dengan alasan belanja tradisional lebih menjamin dari pada belanja secara online, dan alasan mahasiswa yang berbelanja secara karena lebih mudah, irit, efeisien di waktu dan sebagainya serta barang langsung diantar kerumah.
Kata kunci: Belanja Online dan konsumerisme