Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pembelajaran Sejarah Guna Melatih Kemampuan Berpikir Kronologis Peserta Didik

  • Heru Herdianto Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yefterson

Abstract

Pada pembelajaran sejarah, peserta didik dituntut untuk mampu berpikir  kronologis dalam peristiwa sejarah yang di dalamnya memuat pentingnya unsur waktu merupakan salah satu lingkup yang penting dalam memahami peristiwa sejarah secara kronologis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberi inovasi dalam pembelajaran sejarah agar lebih menarik dan berbasis teknologi yaitu menggunakan bahan ajar berbasis e-book. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar e-book pembelajaran sejarah Indonesia guna melatih berpikir kronologis peserta didik; (2) Untuk menguji kelayakan  bahan ajar e-book mata pelajaran sejarah guna melatih berpikir kronologis peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli bahan ajar e-book yaitu produk mampu melatih kemampuan berpikir kronologis  peserta didik SMA. Kelayakan dari aspek bahan ajar ditinjau dari segi tampilan, kesesuaian bahan ajar terhadap berpikir kronologis atau sebab akibat dan pengunaannya, layak digunakan untuk pembelajaran sejarah kelas XII pada materi PRRI. Uji validasi oleh ahli materi menunjukan bahwa PRRI yang di suguhkan sangat layak digunakan untuk pembelajaran guna melatih berpikir kronologis  peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book layak di uji cobakan kepeserta didik dalam pembelajaran sejarah.

Published
2021-05-15

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.