Pemanfaatan Film Dokumenter untuk Meningkatkan Kemampuan Story Telling Peserta Didik SMAN 1 Pariaman

  • Risa Juwita Sari Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang pembelajarannya dilaksanakan secara online melalui google meet mengenai pemanfaatan film dokumenter untuk meningkatkan kemampuan story telling peserta didik dengan menggunakan dua siklus. Tahapan setiap siklusnya diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Pariaman. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan, yaitu kegiatan pembuka pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Data penelitian berupa video story telling peserta didik yang dikumpulkan, dan lembar penilaiannya dirancang khusus untuk menilai kemampuan ber-story telling dan kemudian dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan ber-story telling setiap siklus berdasarkan penilaian terhadap aspek-aspek kemampuan ber-story telling. Hasil penilaian
kemampuan ber-story telling siklus pertama pada aspek isi adalah 53%, aspek kebahasaan sebesar 47% dan aspek penyajian cerita sejarah 60%. Pada siklus kedua kemampuan story  telling peserta didik meningkat pada aspek isi sebesar 82%, aspek kebahasaannya 83% dan aspek penyajian persentasenya 62%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemanfaatan film dokumenter dapat meningkatkan kemampuan ber-story telling peserta didik.

Published
2021-05-18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.