Problematika Proses Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMA Pembangunan Padang

  • Hazim Saputra Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Ofianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan yang menunjukkan adanya problem atau masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran daring, sehingga ditemukan beberapa guru dan peserta didik yang tidak memahami pembelajaran di dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar problem atau masalah yang dihadapi oleh sekolah, guru dan peserta didik dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring dalam mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa problem atau masalah guru dan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring di mata pembelajaran sejarah di SMA Pembangunan Padang terlihat bermasalah dimana terlihat dari persentase rata-rata guru sebesar 52,8% dan siswa sebesar 60,72%. Dalam segi persiapan, sekolah terkendala dengan penyusunan jadwal mata pelajaran, sedangkan bagi guru terkendala dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Dalam segi pelaksanaan guru terkendala untuk membuat siswa fokus dalam pembelajaran, sedangkan siswa terkendala dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Dalam  evaluasi pembelajaran, guru terkendala dalam penerimaan tugas siswa karena siswa tidak memahami materi pelajaran, sedangkan siswa terkendala dalam penerimaan tugas yang terlalu banyak. Jadi dapat disimpulkan dari hasil penelitian, guru dan siswa terkendala dalam menyampaikan materi dan penerimaan tugas yang terlalu banyak.

Published
2021-05-18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.